19 Mei 2024

PENGURUS LPLH TN SAMBUT HARI DEGRADASI LAHAN DAN KEKERINGAN SEDUNIA TAHUN 2023 DENGAN MENDISTRIBUSIKAN AIR KE LAHAN PERTANIAN

2 min read

LPLH TN News, SITUBONDD Jawa Timur – Dalam rangka memperingati Hari Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia Tahun 2023, Pengurus Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN), Asbullah yang juga sebagai petani dan juru pengairan melaksanakan mengairi lahan pertanian atau persawahan di Dusun Karangsukun, Desa Suboh, Kec. Suboh, Kab. Situbondo, Prov. Jawa Timur. Sabtu (17/06/2023).

Kegiatan mengairi lahan persawahan yang dilakukan Asbullah (Pengurus LPLH TN) sebagai wujud kepeduĺian dalam memperingati Hari Penanggulangan Lahan dan Kekeringan Sedunia agar meningkatkan kesadaran masyarakat dan para pemangku kepentingan (Stake Holder) serta instansi – instansi terkait mengenai masalah Degradasi Lahan di dunia dan Indonesia serta khususnya di wilayah barat Kabupaten Situbondo yang telah memasuki musim kemarau dibulan Juni.

Mengacu Deklarasi dari Persatuan Bangsa – Bangsa (PBB) yang telah mendeklarasikan 17 Juni sebagai hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia (The World Day to Combat Desertification and Drought) sejak 1994. Deklarasi itu diresmikan melalui Resolusi Sidang Umum PBB No. A/RES/49/115.
Asbullah selaku Pengurus LPLH TN telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab dalam pendistribusian air yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Asbullah bukan hanya laksanakan pendistribusian air terhadap lahan pertanian untuk tiga Kecamatan dalam bentuk tanggung jawabnya, namun juga menyirami bibit – bibit tembakau satu persatu yang ia tanam dan dirawat dengan sungguh – sungguh bekerja keras di sebidang sawahnya yang dikelolanya dengan harapan air di bulan juni 2023 cukup untuk mengairi sawah dan dapat menyirami tanaman tembakau serta tanaman lainnya.

Asbullah mengatakan, “Semoga di bulan Juni sekarang ini yang telah memasuki musim kemarau, air dari pegunungan Bondowoso dan Sumbermalang dapat mengalir melimpah ke Dam Nangger di Dusun Kesambi Rampak Desa Gunungmalang Kec. Suboh sehingga dapat mengairi area pertanian di tiga kecamatan yaitu Suboh, Mlandingan, Bungatan.” Harapnya

Lebih lanjut Asbullah mengatakan, “Selamat Memperingati Hari Penanggulangan Degradasi Lahan Dan Kekeringan Se Dunia, 17 Juni 2023, marilah kita rawat hutan gunung dan perbukitan bersama – sama agar kebutuhan air di pertanian tercukupi sekalipun memasuki musim kemarau.” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2023 LPLH TN News. | Newsphere by AF themes.