23 Juni 2024

LPLH TN MENGAPRESIASI PENGELOLAAN LIMBAH B3 DI YANKES RSUD BESUKI

2 min read

LPLH TN News – Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN) mengapresiasi sistem manajemen RSUD BESUKI dalam pengelolaan Limbah B3 Medis di pelayanan kesehatan (Yankes) masyarakat yang sedang sakit maupun hanya sekedar kontrol di RSUD Besuki, Jl. Olah Raga No. 55 Desa Besuki, Kec. Besuki, Kab. Situbondo, Prov. Jawa Timur. Selasa (28/05/2024).

Tim investigasi LPLH TN yang terdiri dari Ketua Tim Ilham Fahruzi dan Anggota Tim Dodik Hartono mendatangi RSUD Besuki dalam rangka memantau atau mengamati terkait Kesehatan Lingkungan (Kesling) di Layanan Kesehatan khususnya mengenai Limbah B3 Medis.

Berdasarkan hasil investigasi dari pengurus dan anggota LPLH TN, Pengelolaan Limbah B3 Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Besuki patut dinyatakan sangat baik sebab diolah dengan Steril dan Tidak Membahayakan Lingkungan dan Warga Sekitar.

Ketua Tim Investigasi LPLH TN, Ilham Fahruzi mengapresiasi manajemen dan pengelolaan Limbah B3 Medis dengan mengatakan, “Sungguh manajemen pengelolaan RSUD Besuki ini sangat baik dan ramah lingkungan dengan adanya Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Medis di Yankes RSUD Besuki, ini merupakan langkah yang sangat cerdas dalam Penerapan Ilmu Sains untuk mewujudkan lingkungan yang baik dan sehat sesuai amanat Konstitusi UUD 1945 Pasal 28 huruf H ayat 1 di lingkungan rumah sakit,” ucapnya.

Lebih lanjut Pendiri LPLH TN tersebut berharap IPAL Limbah B3 Medis dapat diterapkan pada seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Situbondo, khususnya wilayah Besuki dan sekitarnya.

RSUD Besuki patut menjadi contoh bagi instansi pelayanan kesehatan (Yankes) lainnya agar bisa membangun IPAL Limbah B3 Medis yang tidak hanya bagus secara teori keilmuan kesehatan lingkungan, tetapi juga bisa benar – benar dapat mengimplementasikan amanat Konstitusi UUD 1945 Pasal 28 huruf H ayat 1,” harapnya.

Pewarta : TIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2023 LPLH TN News. | Newsphere by AF themes.