19 Mei 2024

KILAS BALIK ; LPLH TN DUKUNG RESTORASI TERUMBU KARANG PASIR PUTIH SITUBONDO DENGAN MENGUSUNG TEMA KONSER PADU

3 min read

LPLH TN NEWS — Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN) menghadiri Pengembangan Konservasi Pesisir Terpadu (Konser Padu) gotong royong restorasi terumbu karang dari bahan daur ulang di Balai Konservasi Dinas Kelautan dan Perikanan Situbondo, Watu Kenung, Dusun Kembangsambi Barat, Desa Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kab. Situbondo, Prov. Jawa Timur. Rabu (3/3/21).

Acara gotong royong restorasi terumbu karang dari bahan daur ulang ban bekas mengusung Tema ” Konservasi Pesisir Terpadu (KONSER PADU) “, Semangat menuju perubahan Situbondo Berjaya, dengan panitia penyelenggara Pemkab Situbondo dan Sekolah Penyelam TNI AL yang diinisiasi oleh Kadis DLH Kabupaten Situbondo, Sekolah Penyelam Pusdik Khusus, Possi Situbondo, dan LPLH TN.

KONSER PADU Terumbu Karang didukung oleh Indomart, Alfa Mart, PT. Panca Mitra, Perkebunan Nusantara, PTPN XI, ASTIN Asosiasi Tambak Intensif, Bank BPR Jatim / Bank UMKM Jawa Timur, Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN), Utama Raya (UR), Anugrah Makmur Demung Besuki Situbondo, Pembudidaya Udang Sumber Rejeki Karang Anyar, Desa Demung, Kecamatan Besuki, PT Subur Indonesia, Hongxin, Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo, POMI Paiton Operation & Maintenance Indonesia, PT FU YUAN Biologi Technology, Bank Jatim.

Tampak Hadir dalam kegiatan Konser Padu Terumbu Karang diantaranya :

  1. Dankodikopsla TNI AL (Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono, S.E., M.M).
  2. Bupati Situbondo (Drs. H. Karna Suswandi, M.M).
  3. Wakil Bupati Situbondo (Hj.Khoirani,S,PD., M.H).
  4. Kapolres Situbondo (AKBP Ach. Imam Rifa’i S.H., S.I.K., M.PICT., M.ISS).
  5. Kasdim 0823/Situbondo (Mayor Inf Sampak).
  6. Danlanal Banyuwangi (Letkol Laut (P) Joko Setiyono, S.E., M.Tr. Hanla).
  7. Palakhar Dan Pusdiksus (Letkol Laut (KH) IB. Sentot Dalu Alam A.Md).
  8. Danseselam (Mayor Laut (S) Thomas Dolfinus F., SE., M.H) beserta perwira staf dan pelatih selam TNI AL.
  9. Sekda Kab. Situbondo (Drs. Syaifullah M.M).
  10. Kajari Kab. Situbondo (Iwan Setiawan S.H,M,Hum).
  11. Kadis lingkungan hidup Kab.Situbondo (Kholil, S.P., M.P).
  12. Dirut Perusda Pasir Putih (Yasin Ma’sum).
  13. Forkopimka Bungatan.
  14. Siswa Penyelam Angkatan LI Tahun Anggaran 2020.
  15. Komunitas Selam Pasir Putih Karang Lestari.
  16. Masyarakat Nelayan Pasir Putih (Pasir Putih Adventure).
  17. Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN).

Dalam sambutannya Komandan Kodik Opsla, Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono, S.E., M.M mengatakan, ” Mari Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati kita bersama-sama menjaga kelestarian biota laut khususnya terumbu karang sebagai rumah ikan lewat kerjasama Penyelam TNI AL, Babinpotmar, Babinsa, Babinkamtibmas dan Karang Taruna, Pelaku Pelestari Lingkungan, Pecinta Alam dan Pokmas lainnya dengan pemberdayaannya, sedangkan untuk pemuda – pemudinya bisa diarahkan menjadi Prajurit TNI AL,” tuturnya.

Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, M.M mengatakan, “Pasir Putih kita sudah mulai menghitam, maka saya minta Kadis DLH untuk restonasi terumbu karang dari ban bekas untuk melestarikan pasir putih guna wisata bahari atas air dan bawah air, tujuannya demi kesejahteraan masyarakat Situbondo khususnya warga Pasir Putih, marilah kita bersama – sama jaga bersama supaya pasirnya tetap putih dengan merawat terumbu karang untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati Situbondo mengatakan, “Dinas Lingkungan Hidup sebagai pembukanya bersama Dinas Kelautan & Perikanan, adapun Dinas Pariwisata adalah pengembangan pengelolaannya untuk Wisata Bahari, antar instansi tidak boleh ada ego sektoral, antar instansi harus bersinergi untuk merubah situbondo lebih maju lagi dan berjaya,” pungkasnya.

Kadis DLH Situbondo, Kholil, S.P., M.P dalam sambutannya mengatakan, “ Restorasi terumbu karang dari bahan daur ulang ban bekas karena itu bahan dasarnya dari karet yang mungkin ratusan tahun untuk bisa terurai, maka dari itu kami manfaatkan untuk dijadikan terumbu karang rumah ikan.” ucapnya.

Selama acara pembukaan Konservasi Pesisir Terpadu (Konser Padu) gotong royong restorasi terumbu karang dari bahan daur ulang ban bekas di Balai Konservasi Pasir Putih Situbondo berjalan aman dan lancar terlaksana dengan sukses sesuai rencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2023 LPLH TN News. | Newsphere by AF themes.