19 Mei 2024

KILAS BALIK ; KOLABORASI LPLH TN DENGAN POKTAN SETIA BUDI DAN POKDARWIS

1 min read

LPLH TN NEWS – Musyawarah perencaan program kolaborasi eduwisata organik “Banyukerto” dsn. Klontong ds. Kalianget kec. Banyuglugur, Sabtu (21/12/2019).

Musyawarah kolaborasi yang pertama kali ini dilakukan oleh Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN), Kelompok Tani (PokTan) “Setia Budi” bapak mohammad rony, Kelompok Sadar Wisata (PokDarWis) Desa Kalianget, bapak Ardjono.

Usai pelaksanaan musyawarah kolaboratif tersebut dilanjutkan bersama – sama menuju lokasi kawasan pertanian organik untuk melaksanakan penanaman benih berbagai macam jenis bunga yang bertujuan untuk menanggulangi gangguan hama serangga lazimnya terjadi diawal musim penghujan.

Pendiri LPLH TN mengatakan sangat berterima kasih telah diundang oleh pokmas – pokmas penggerak masyarakat untuk ikut serta dalam program pemberdayaan masyarakat secara edukatif, dan mengapresiasi Poktan Setia Budi untuk selalu tidak menggunakan Zat – Zat Kimia yang dapat merugikan kelangsungan ekosistem hayati sebagaimana amanat kepedulian terhadap lingkungan hidup dan atas keberhasilannya tersebut didalam melaksanakan program yang dibantu oleh CSR PT POMI Paiton Energy dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo, serta CSR Bank Indonesia.

Adapun Ketua PokTan Setia Budi Mohammad, Muhamad Rony menyampaikan,

“Area sawah organik ini memang benar – benar bebas dari zat kimia apapun, bahkan pupuknya murni dari pupuk kandang dan sumber mata air perbukitan sebagai sarana pengairan lahan pertanian ini langsung dari mata air jernih pegunungan yang ditampung didalam tandon terletak di area kaki perbukitan bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.” ucapnya

Lebih lanjut Ketua Poktan Setia Budi mengatakan, “Lahan pertanian organik ini telah memproduksi berbagai macam varian beras organik yang diantaranya banyak diminati sebagai sarana penunjang kesehatan yaitu beras jenis Black Madras.” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2023 LPLH TN News. | Newsphere by AF themes.