25 Juli 2024

KILAS BALIK ; PERINGATI HARI PAHLAWAN 2019, LPLH TN BERSIHKAN SAMPAH PLASTIK DI MUARA PESISIR BESUKI

2 min read

LPLH TN NEWS – Banyak cara yang dilakukan oleh generasi muda dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November, salah satunya dengan cara menjaga dan merawat alam nusantara hasil perjuangan para pahlawan kusuma bangsa. Generasi muda melakukan bersih – bersih pantai yang dilaksanakan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Situbondo dan Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN). Kegiatan berlangsung di Muara Sungai Pelelangan Ikan Pesisir Besuki, Minggu (10/11/2019).

Berlangsungnya acara giat bersih – bersih sampah yang dilaksanakan oleh DLH Pemkab Situbondo dan LPLH TN disambut dengan antusias oleh Kepala Desa Pesisir Besuki, Ahmadi bersama masyarakat setempat dan Ketua Tempat Pelelangan Ikan, Haji Jubri.

Saat jam 09.30 WIB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Situbondo Kholil, S.P., M.P. hadir langsung meninjau lokasi acara bersih – bersih Pesisir Besuki selepas mengikuti Upacara Hari Pahlawan di Situbondo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Situbondo, Kholil, S.P., M.P. mengatakan, DLH Situbondo memberikan motivasi, edukasi serta sarana prasarana untuk kebersihan lingkungan. Menurutnya, pihak DLH Situbondo akan menyediakan tempat pembuangan sampah dilokasi dan di Desa Buduan Kecamatan Suboh.

Ia menambahkan, pada bulan Maret 2020, DLH telah menganggarkan untuk menambah satu unit dumptruck operasional Wilayah Besuki.

Sementara itu, Kades Pesisir Besuki, Ahmadi mengatakan, ia sangat berterima kasih ke pihak DLH Situbondo dan Sukarelawan LPLH TN serta warga masyarakat yang telah sadar membersihkan sampah plastik, kain, dlsb di muara sungai pesisir ini. Menurutnya, Pemerintah Desa Pesisir akan menganggarkan beberapa gerobak pengangkut sampah yang akan diletakkan di tiap – tiap RW se-Desa Pesisir.

Sedangkan Pendiri LPLH TN, Ilham Fahruzi mengatakan, Kotoran sampah disini sudah sangat akut. Menurutnya, kalau dengan cara tradisional atau kerja bhakti maka bisa sampai sebulan muara sungai ini benar – benar bersih dan kembali pada fungsinya dengan baik. Ia mengajak warga masyarakat Pesisir Besuki untuk meluangkan waktu saat tidak melaut untuk menyempatkan diri membersihkan lingkungan.

Menurutnya, LPLH TN hanya bisa membantu dengan tenaga untuk kebaikan bersama guna menciptakan Situbondo lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2023 LPLH TN News. | Newsphere by AF themes.