19 Mei 2024

PERINGATI HARI LAUT SEDUNIA TAHUN 2023, LPLH TN DAN KUB KARANG LESTARI KONSERVASI JAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP LAUT PASIR PUTIH SITUBONDO

2 min read

LPLH TN News, SITUBONDO Jawa Timur – Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN) dan sekaligus Pengurus KUB Karang Lestari Konservasi Pasir Putih yakni Mohamad Rauf, Muhamad Haripin, Dodik Hartono, dkk lainnya membersihkan sampah plastik yang menyangkut di terumbu karang dan yang mengendap dipasir dasar laut di perairan Desa Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kab. Situbondo. Prov. Jawa Timur. Kamis (08/06/2023).

Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day diperingati setiap tahun tepatnya pada tanggal 8 Juni. Peringatan ini adalah sebuah momen penting untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan perlindungan serta konservasi lautan.

Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day ditetapkan pada tahun 2008 oleh PBB, namun usulan penetapannya telah diterbitkan mulai pada 8 Juni 1992 di Rio de Janeiro dalam Forum Global saat Konferensi PBB tentang lingkungan dan pembangunan (UNCED).

Melansir dari laman resmi United Nations, Hari Laut Sedunia sebagai upaya memberikan kesempatan bagi organisasi non-pemerintah dan masyarakat sipil untuk mendukung pelestarian lingkungan, terutama laut dan ekosistemnya.

Tidak hanya soal kepedulian lingkungan, peringatan Hari Laut Sedunia juga mencakup soal implementasi Konvensi PBB tentang HUKUM LAUT, Keamanan Maritim, Keanekaragaman Hayati Laut, Lingkungan Laut dan Pembangunan Berkelanjutan, serta perubahan iklim dan kerja sama regional dan internasional.

Komisi Oseanografi Antar Pemerintah (IOC) UNESCO ikut mensponsori Jaringan Kelautan Dunia dan aktif mendukung untuk mewujudkan acara Hari Laut Sedunia.

Peringatan Hari Laut Sedunia memiliki dua tujuan penting. Pertama, untuk mengajak setiap orang lebih peduli dan memahami terkait peran utama laut dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan hal ini, lautan adalah paru-paru yang dimiliki oleh Bumi, sumber utama makanan, obat-obatan, dan bagian penting dari biosfer.

Kedua, untuk memberitahu publik mengenai dampak tindakan manusia di laut, mengembangkan gerakan seluruh umat manusia di dunia untuk laut, dan menyatukan penduduk dunia dalam proyek pengelolaan berkelanjutan untuk laut.

Peringatan Hari Laut Sedunia pada 2009 mengusung tema “Our Oceans, Our Responsibility” atau “Lautan Kita, Tanggung Jawab Kita”. Sorotan utama pada perayaan perdana Hari Laut Sedunia itu adalah berbagai cara laut berkontribusi terhadap kehidupan manusia dan tantangan untuk mempertahankan kapasitas laut dalam mengatur iklim global.

Kini, pada 2023, tema peringatan Hari Laut Sedunia adalah “Planet Ocean: Tides are Changing’ atau “Planet Samudera: Pasang Berubah”. Sesuai tema yang diangkat, masyarakat akan menemukan bahwa Bumi lebih dari yang terlihat, serta menghasilkan gelombang kegembiraan baru untuk menghargai dan melindungi lautan dan keseluruhan planet biru yang kita tempati.

Dihari yang sama, Kamis 8 Juni 2023 ditempat terpisah pendiri LPLH TN, Ilham Fahruzi yang merupakan sebagai Prajurit Matra Laut menerima pencerahan tentang TNI AL sebagai Penegak Hukum Laut di Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi (Lanal Bwi) oleh Sekdiskumal dari Diskumal, Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta.

Rilis informasi disusun oleh : Tim Jurnalis LPLH TN News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2023 LPLH TN News. | Newsphere by AF themes.